Cara Bercocok Tanam Bawang Merah

Cara Bercocok Tanam Bawang Merah
Cara Bercocok Tanam Bawang Merah

Bawang merah telah lama dikenal oleh masyarakat luas, karena setiap hari orang memerlukan bawang merah  sebagai rempah dan bumbu masak. Bawang merah dikembangbiakan dari umbinya. Tetapi tidak semua umbi bawang merah baik untuk di kembangbiakan. Varietas bawang merah yang baik untuk bibit yang dianjurkan ialah dari : Ampenan, Sumenep, Maja, Medan.dan Kuningan. Sebab bawang merah yang berasal dari daerah ini memiliki keunggulan dan tahan terhadap serangan hama dan penyakit.

Bawang merah sangat cocok di tanam di tanah yang gembur. Yaitu tanah yang mengandung lempung berpasir atau lempung berdebu.
Sedangkan tempat yang cocok untuk menanam bawang merah adalah antara 0 M - 1.000 M dari permukaan laut, dengan tempertur suhunya antara 15C - 35C dan suhu optimum 30C.

Bila bawang merah ditanam di tanah yang padat dan terlalu becek maka daunnya akan berwarna kuning pertumbuhan umbinya tertekan, tak lama kemudian tanaman itu mati.
Bedengan yang ideal adalah tinggi 30 Cm lebar bedengan 70 Cm da lebar parit 45 Cm. Agar air hujan mudah mengalir, sehingga tidak menggenangi tanaman. Bedengan hendaknya dipadatkan agar tidak mudah longsor bila terkena air hujan.
Pemberian pupuk kandang atau kompos pada bedengan adalah 2 Kg per m2 sehingga kesuburan tanah tetap terjaga.

Pemilihan bibit bawang merah yang baik minimal harus berumur 70 hari dan telah disimpan lebih kurang 3 bulan. Sebelum penanaman bawang merah bibit dipotong ujungnya 1/3 bagian, untuk mempercepat pertumbuhan. Setelah ujungnya di potong lalu di tanam di bedengan tegak lurus dengan 3/4 bagian masuk kedalam tanah, lalu di tutup tipis dengan tanah permukaan nya. Jarak tanam bawangmerah bervariasi antara lain :
1. 7,5 X 10 cm
2. 10  X 10 cm
3. 15  X 10 cm
4. 15  X 15 cm
5. 15  X 20 cm
6. 20  X 20 cm

untuk menjaga kelembaban tanah maka tiap sore harus disiram. Setelah berumur 21 hari tanaman bawang pasti sudah banyak rumputnya, harus segera di bersihkan supaya pertumbuhan tanaman bawang tidak terganggu oleh rumput liar. Setelah bedengan itu bersih dari rumput liar, barulah menyiapkan pupuk susulan ke 1. 27,5 - 90 kg N/Ha. Setelah berumur 30 - 35 hari, lakukan pemupukan susulan ke 2. 22,5 - 90 kg N/Ha. lalu lakukan penyiraman  tiap pagi dan sore hari, sampai tanaman berumur 50 hari
Setelah berumur  60 - 80 hari bawang merah siap dipanen.
Hama yang menyerang tanaman bawang merah adalah :
1. Ulat Bawang atau Grayak
2. Thrips Tabaci
3. Ulat Daun
Nama penyakit yang suka menyerang bawang merah adalah penyakit tepung, akibat terserang penyakit ini bawang daunya bercak-bercak, daun menjadi kuning keputihan, dan ada sporangia cendawan, seperti tepung berwarna putih kelabu atau keunguan.

0 komentar "Cara Bercocok Tanam Bawang Merah", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar