Cara Pembuatan Pupuk Kompos

Cara Pembuatan Pupuk Kompos

Cara Pembuatan Pupuk Kompos


Persiapan pembuatan pupuk kompos ialah :
Harus disediakan tempat yang teduh, yang tidak terkena sinar matahari langsung. Sebaiknya tempat pembuatan kompos ini di bawah pohon yang rindang. Supaya mudah untuk menyiram sebaiknya dekat dengan tempat pengambilan air.

Ukuran tempatnya , lebar 2 m , panjang 5 m dan tinggi 2 m. ukuran tempat bisa di ubah sesuai dengan tempatnya.
Bahan-bahan yang di gunakan untuk membuat kompos adalah :
a. Sampah, tapi yang sudah bersih dari benda keras misalnya : batu, krikil, kaleng, plastik, kaca, dll.
b. Jerami, rerumputan, dedaunan, kotoran ternak, abu dapur, kapur, dan tanah atau tanah liat.

Cara membuatnya :
1. Di tempat yang suda ditentukan tancapkan 4 batang bambu yang panjangnya lebih kurang 30 cm sebagai patok.
2. Di dalam lingkaran patok tesebut, sampah di tumpuk setebal lebih kurang 50 cm. sampah tersebut sudah bersih dari benda keras maupun plastik.
3. Lapisan sampah disiram dengan air atau lebih baik lg kalou dicampur dengan air kencing maupun kotoran ternak
4. Sampah setinggi 50 cm itu, akan memadat setelah di siram air menjadi kurang lebih 25 cm. Setelah disiram  sampah di taburi kapur dan abu secara merata, untuk mempercepat proses pembusukan.
5. Di atas lapisan abu itu di taburi lg dengan tanah liat setebal 2 cm. agar zat yang sudah larut dapat tahan dan tidak lenyap atau hanyut.
6. Selanjutnya, di atas lapisan tanah tadi di lapisi dengan kototan ternak setebal 2-5 cm. Makin tebal kotoran ternaknya makin cepat proses pembusukannya menjadi kompos.

Mohon diperhatikan bahwa mulai ad, 1 sampai ad. 6, merupakan susunan satu lapis. untuk lapisan berikutnya, disusun lagi seperti yang telah diuraikan di atas hingga mencapai ketinggian 2 meter.
Setelah susunan mencapai 2 meter, maka di atasnya di tutup tanah liat setebal 5 cm. Pada bagian sisi atau samping untuk selama 2 minggu tidak usah ditutup, untuk memudahkan masuknya udara pada lapisan tersebut, sehingga mempercepat proses pembusukan,

Setiap pagi dan sore tumpukan kompos disiram dengan air, tapi jangan terlalu berlebihan, cukup yang penting tidak sampai kekeringan aja. Setelah 2 minggu sisi atau samping segera ditutup dengan tanah liat. Setelah 2 bulan tumpukan kompos ini sudah siap di gunakan untuk penyubur tanah dan tanaman


0 komentar "Cara Pembuatan Pupuk Kompos ", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar